September 14, 2008

A few more steps….

Posted in Journal at 6:51 am by justrere

Akhirnya di sela-sela ketakutan dan membangkitkan keberanian yang ada, sampai juga di titik ini, yaitu praseminar tugas akhir🙂 Setelah tertunda sekian lama, dengan semangat dan mimpi yang masih dimiliki serta dukungan keluarga, sahabat akhirnya mampu juga memberanikan diri untuk maju sidang tugas akhir ini. Dalam beberapa minggu ke depan, insyaAllah akan menempuh sidang besar tugas akhir ini.

Sebelum menuju pada sidang besar, langkah utamanya dalah maju sidang praseminar yang diadakan pada Rabu lalu, 13 september 2008. Sebelumnya selama hampir 3 hari hanya tidur beberapa jam saja, selebihnya berada di depan lappy (baca : laptop) tercinta, untuk menyelesaikan minimal 70% buku dan program sesuai dengan ketentuan dosen pembimbing serta membuat slide untuk presentasi sidang praseminar. Kebetulan (atau kerugian?) sedang tidak berpuasa dan maag sedang kambuh, sehingga tidak boleh lupa (atau sengaja lupa) makan dan minum obat. Sesuai jadwal yang ditempel di pengumuman adalah jam 15.00. Kebetulan saya selalu online, karena dosen pembimbing utama juga online jadi konsultasi dilakukan lewat chatting🙂 Paginya sudah sms DP (Dosen Pembimbing) mengenai kepastian maju sidang, dan belum dibalas sampai siang. Rencana sekitar jam 14.00 sudah di kampus, biar lebih prepare. Ternyata rencana tinggal rencana🙂 Sekitar jam 13.00 tiba-tiba bapak DP nge-buzz, tanya kenapa saya masih OL. Dia konfirm apakah saya terima message dia lewat YM, saya bilang tidak. Dia bilang jadwal dimajukan jam 13.00!! Jujur, saya langsung speecless, terdiam beberapa detik, masih shock. Lalu saya bilang ke beliau, saya masih print buku, dia bilang “ngapain print buku segala, udah berangkat sekarang”. Akhirnya dengan tergopoh-gopoh berangkatlah ke kampus, sampai disana juga sudah telat. Sembari menunggu giliran presentasi, saya menenangkan diri beberapa menit. Lalu tiba giliran saya, cukup dengan bismillah🙂 Saya tidak sempat latihan presentasi dengan bahasa inggris, cukup dengan Bismillah tadi🙂 Lagipula karena kaget jadwal dimajukan ketakutan dan nervous hilang menguap entah kemana🙂


Presentasi cukup 5-10 menit, dan 5 menit berikut bapak DP yang memberikan input presentasi saya. Setelah itu, selesai. Kaget juga, kok tidak ada demo program. Karena beberapa hari yang lalu, sebelum maju praseminar ini, saya bertanya syarat minimal untuk maju praseminar apa saja. Karena beliau minta minimal 70% program dan buku, walhasil saya begadang dan lembur hampir 3 hari untuk menyelesaikan sesuai dengan syarat minimal tersebut.

Di akhir praseminar, saya sempat bertanya pada bapak DP mengapa jadwal dimajukan. Dia menjawab “itu kan jadwal BAAK, bukan jadwal saya”, dan setelah saya cek di bawah juga tidak ada yang perubahan jadwal🙂 saya berusaha ambil sisi positifnya karena kebetulan yang maju seminar periode ini cukup banyak dan bapak DP saya memang salah satu dosen yang banyak bimbingannya dan menjadi salah satu ketua jurusan baru di kampus🙂 Mungkin satu yang kurang, co-pembimbing saya akhirnya tidak hadir, mungkin karena jadwalnya maju yah.

Sempat menyesal, karena merasa rugi begadang 3 hari itu [Astaghfirullah, maafkan saya ya Rabb, harusnya saya merasa rugi tak bisa bersamaMu di bulan ini😦 ] tapi akhirnya saya sadar tidak ada yang rugi, karena ternyata besoknya selama 2 hari begadang tapi tidak sebanyak sebelum praseminar, guna membantu my soulmate friend praseminar juga. Setelah memforsir badan setelah lama tidak begadang, tubuh jadi kaget dan terkaparlah (lagi), memang cuma Allah yang tahu apa yang terbaik🙂

3 Comments »

  1. Anang said,

    yup selamat berjuang re, pasti ada hikmah dibalik semua peristiwa

  2. Johan Asa said,

    wenake rek sing wes maju TA. wohohoho. aku kapan yo.. heh, enake pembimbingmu hobi online. wuik. *membayangkan klo pembimbingku online ym sisan.

    yo wes re, sukses seminar akhirnya. semoga dosen penguji terpesona dengan karyamu. gak banyak tanya, diem aja. dan kasih nilai A+.

  3. Nana said,

    gud lak yee..😉


Leave a Reply

