March 14, 2008

Bentoya @ Tunjungan Plaza Surabaya

Posted in Makanan at 7:53 am by justrere

Menu Bentoya - By Photobucket

Beberapa waktu lalu, saya melihat promo Bentoya di Tunjungan Plaza
Karena tertarik dengan promo Buy 1 Get 1 Free dengan menggunakan BCA Credit Card, maka saya mengajak Inggit untuk mencoba di sana. Dari beberapa restoran jepang, Bentoya belum pernah saya kunjungi. Favorit saya masih Hachi-Hachi Bistro, enak dan sesuai kantong🙂

Datang ke Bentoya TePe sekitar jam 14.00, yang terletak di Lantai 5, jalan menuju SoGo. Suasana juga tidak begitu ramai. Dari luar memang, interior yang menggunakan warna dasar ungu, Bentoya terkesan ekslusif, sehingga tidak mengherankan jika mungkin banyak orang mengira harga makanan di Bentoya tergolong mahal, termasuk saya pribadi. Saya dan Inggit memilih untuk duduk di bagian atas dengan sofa membelakangi jalan. Begitu Anda datang, Anda akan disambut dengan salam khas resto jepang, “Moshi-Moshi” secara serempak dari pelayan-pelayannya. Selanjutnya, kami segera memesan menu. Kami memesan 1 Chicken Teriyaki, 1 Mie Ramen, dan 1 Karagee Roll. Lalu untuk minumnya, kami kami memesan 1 Lemon Tea dan 1 Sprite dengan vanilla ice cream di dalamnya (saya lupa nama menunya).

Beberapa menit kemudian, pelayan mulai mengantarkan sendok dan sumpit untuk makan. Tak beberapa lama, muncul minuman kami. Saya mencoba minuman yang saya pesan, sprite dengan ice cream. Di tenggorokan terasa lebih lembut karena ada ice cream tersebut dan ditambah sensasi sodanya, benar-benar melegakan tenggorokan di waktu siang, mengingat cuaca Surabaya yang panas, meskipun kala itu hujan baru saja turun🙂 Selanjutnya, pelayan datang dengan membawa makanan yang telah kami pesan sebelumnya.

Mie ramen disajikan dalam mangkuk setengah panas dengan ukuran cukup besar. Di dalam mie ramen, terdapat mie, beberapa potong daging ayam, sedikit sayur, dan beberapa bawang bombay dan dipenuhi kuah. Dari harumnya, tercium aroma segar, menggugah agar segera mencicipi hidangan ini selagi hangat. Kuahnya gurih, mie nya cukup kenyal dan daging ayamnya empuk, jadi tidak susah menelannya (saya punya sedikit masalah dengan per-daging-an🙂 ). Yang menarik minat saya, terdapat lembaran-lembaran hijau di dalamnya. Saya pikir tadi itu sejenis sayur bayam (entah apakah di Jepang juga ada bayam😛 tapi kalau ingat Popeye makan bayam, mungkin ada yah..😛 ). Tapi setelah saya amati dan saya rasakan kembali di lidah saya, saya jadi ragu. Teksturnya lebih lembut dari bayam, tidak ada serat yang tampak seperti pada sayur. Saya kira ini sejenis jamur, seperti jamur kuping, cuma ini berwarna hijau.

Chicken Teriyaki, disajikan di atas mangkuk yang berisi nasi 2/3 nya. Diatas nasi ada potongan ayam yang dipotong memanjang. Yang beda, ayam ini dibakar, sehingga bumbu dan aroma setelah dibakar terasa sekali. Beda dari Chicken Teriyaki yang pernah saya makan sebelumnya. Selain itu, juga terdapat telur dadar yang diparut menyerupai keju, cukup unik.

Ketika kami sedang menikmati menu utama tadi, pesanan kami yang terakhir, Karagee Roll, datang juga. 1 porsi Karagee Roll berisi 8 roll. Harga yang ditawarkan pun masih terjangkau, di bawah Rp. 20.000,-. Yang saya suka dari aktivitas makan di resto jepang adalah menu-menu seperti ini. Karena rasanya benar-benar beda, berasa jepang banget🙂 Kalau Chicken Teriyaki mungkin lebih ke arah Western Food. Menu Mie Ramen yang saya pesan juga unik, karena saya belum pernah mencicipi sebelumnya. Entah bagaimana rasa Mie Ramen dan Karagee Roll di negara aslinya🙂 Harga yang dibandrol untuk menu-menu utama tadi masih terjangkau, rata-rata kurang dari Rp. 40.000,- apalagi dengan porsi yang sangat mengenyangkan. Bagi yang hobi makan di resto jepang, silahkan mencoba🙂

Rere and Inggit - By Photobucket

9 Comments »

  1. jeunglala said,

    Jadi laper… uda lama ga makan Sushi… huhu…
    ps. kayaknya yang bener irasshaimase deh Re… artinya selamat datang… kalo moshi2 kan “halo” gt… hehehe… sok tau ya gue ^_^

  2. deteksi said,

    bocah iki rek… kalo gak ngopi ya makan…
    [kapan olahraganya re? renang yuk!]

  3. V66 said,

    Kuliner terusss….
    Wah si det ngajak renang.hati2x re.ada teri dibalik rempeyek.

  4. olvy said,

    emang bener re, bentoya juga salah satu tempat makan fav. ku apalagi kalo ada bu 1 get 1 free..wah alamat meja bsa penuh wakakak..*ternyata kita sama2 hobi makan*

  5. dee said,

    labih enak curry di Goota….!!!! MANTAP!😄

  6. tu2t said,

    mbak.. kalo bentoya ituh lebih enak bento-nya😛 sushi di hachi2 bistro.. trus kalo yang di grill enak Goota.. (lagipula Goota ama bentoya tuh satu perusahaan.. jadi sama2 enaknya lah XD)

    kalo ramennya.. enak di Sushi Tei.. coba degh… mirip banget ramen-nya Jepang.. totemo oishii :3

  7. V66 said,

    Wah ada Echan Tutut yang japanese mania…

  8. Chubby said,

    Wah tanteku cayank baru coba bentoya yah…takpikir udah tahu dari dulu…enak kok bentoya…kalo favorit di sana daftar ae member…isa dapet potongan 10% plus setahuku biaya pendaftaran juga murah ga mahal…kita masih isa untung kalo sering makan di bentoya dalam kurun waktu setahun…

    Buat saran nih ada urut2an untuk kelas2nya seh kalo makanan jepang…nih yang aku pernah coba dari yang paling mahal sampe yang paling murah tuh :

    1. sushi tei
    2. hachi2
    3. bentoya
    4. goota
    5. hoka-hoka bento

    maaf kalo sushi hana blm pernah coba tapi katanya enak sih…cm belum isa tau persis posisi kelasnya di urut2an itu…kayanya sih di atas hachi2 dikit ato sekelas sushi tei.

    kalo buat cowok2 untuk makanan jepang yang kenyang di bawah 50rb bisa option no 3 dan 4…malah kalo yang no 5 kayanya bisa di bawah 30rb deh…

    trus kalo yang no 2 50rb bisa seh tapi entahlah dengan kenyangnya….daku yang cewek saja kadang2 ga kenyang….tapi jgn jadikan daku patokan seh baiknya…daku termasuk doyan makan kelas berat…hehehhe…

    trus yang option no 1 itu jelas2 di atas 50rb….siapin minimal 100rb di dompet…harusnya sih 80rb ckp tapi drpd malu uangnya kurang lebih baik siapkan 100rb di dompet ^.^

    semoga berguna panduannya =)

  9. ika said,

    itu yang ijo kayaknya rumput laut dehh…
    i love rumput laut for sure


Leave a Reply

