February 28, 2008

The Lunch Gossip

Posted in Book at 6:15 am by justrere

Mereka mencari bitch…
dan menemukannya dalam diri masing-masing.

Sepenggal kalimat di atas adalah cuplikan resensi dari novel metropop berjudul The Lunch Gossip yang ditulis oleh Tria Barmawi. Novel ini dibuka dengan penjelasan tentang bitch itu sendiri. Mungkin seringkali yang kita dengar bitch adalah ungkapan memaki. Padahal jika melihat di kamus, arti kata bitch lebih mengarah pada perempuan yang menyebalkan, keras kepala, berlidah tajam, serta egois.

Dari judul novelnya, bisa ditebak ini adalah novel ‘perempuan banget’. Karena gossip memang identik dengan kaum hawa, meskipun di saat makan siang (lunch), para lelaki juga pasti mengobrol dengan rekannya meski kadang ‘menyerempet’ kepada gossip. tapi mereka mendiskusikannya sambil lalu, tidak seperti perempuan yang penasaran pada setiap detilnya. Yah, itulah perempuan🙂

Setting novel ini sebagian besar berada di kantor BeIT International, sebuah kantor teknologi informasi, dimana sebagian besar karyawannya adalah kaum adam. Di kantor inilah lima karakter utama di dalam novel ini bertemu. Xylana atau Xixi, Kynthia atau Tia, Keisha, Vinka dan Arimbi, lima karakter yang berbeda bisa menjadi sahabat karena aktivitas makan siang bersama yang mereka lakukan. Ada si perfeksionis, ada yang lugu dan polos, ada juga yang modis, ada juga yang superbaik menolong yang lain, ada lagi yang ceplas-ceplos mengungkapkan isi hatinya. Ada yang suka pada mereka, juga ada sebal pada mereka. Ada salah seorang yang tidak menyukai kehadiran mereka disana. Rententan masalah satu demi satu mulai muncul di permukaan. Mulai dari fitnah yang kelewatan, affair dengan bos, ditekan oleh pimpinan proyek, hingga terjerat CLBK (Cinta Lama bersemi Kembali). Apakah semua masalah ini berakar dari seseorang yang tidak menyukai mereka? Ataukah memang karena ada musuh di dalam selimut yang tidak bisa menerima keadaan sahabatnya?

Novel ini cukup ringan, mengajarkan pada kita bahwa hidup memang tidak bisa ditebak, banyak kejutan (hal 262), mungkin itulah yang membuat hidup kita lebih berwarna-warni layaknya pelangi🙂 Seseorang yang bersikap sangat menyebalkan terhadap kita mungkin punya sisi baik tapi sisi baik tersebut terlalu jauh terkubur di bawah sisi buruknya (hal 233). Teman yang cukup dekat akhirnya menjadi acuh, dan orang yang tidak disangka malah menunjukkan perhatiannya terhadap kita, meskipun dengan cara yang berbeda, yang mungkin saat itu kita belum memahaminya. Memang susah mengukur hati manusia (hal 245).

7 Comments »

  1. Supermoto said,

    aaaah pertamax lagi™
    binun mo ngunjungi sapa lageh…pada belum apdet.
    wah blog mu jadi pemuas dahaga saya nih Re.

    halah…. jadi buat cepet”an komen ajah?😛

  2. deteksi said,

    Hekekek.. Aku rasa di tiap tempat kerja ada geng lunch ini. Lunch menjadi kegiatan menyenangkan. Selain menikmati makanan, nggosip adalah bumbu penikmat! Lebih asik kalo anggota geng lunch ini ada cowok ada cewek. Kumplit!

    cowok emang doyan ngegosip juga😛

  3. Gempur said,

    lunch itu apaan sich! *anak TK bertanya*

    Hahahaha😀 Lali gak ditranslate….. Anak TK yang manis, lunch=makan siang😛 *Ibu guru menjawab😛 *

  4. Dimas said,

    cowok boleh baca gak ya? *merenung*

    salam kenal dari sayah, mari mampir ke blog sayah😉

    boleh lah…. menambah pengetahuan dalam mengerti perempuan, yang katanya sulit dimengerti, hehehehe😛 , iya nanti saya blog walking🙂

  5. Tria said,

    Thanks reviewnya ya! Ijin copy-paste nih😉

    Wah langsung dari penulisnya langsung🙂 Monggo atuh, mbak🙂

  6. veggie said,

    setuju…keren yah crita “The Lunch Gossip”
    aku br ajah selesai baca ….
    Salut tuk mba Tria Barmawi !!!!

  7. n4fl said,

    Bukunya udah aku baca.. duh. reviewnya bagus bgt.. ajarin doong bikin ripiu kek gini..
    Perempuan bgt? yupz… perempuan emang gak bisa jauh2 dari gosip n belanja..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: