February 3, 2008

Menjelajahi SuToS (Surabaya Town Square)

Posted in Jalan-Jalan at 10:59 pm by justrere

Jumat, 1 Februari 2008, saya menemani Inggit (My coworker @ Coffee Toffee) karena dirinya sedang banyak pikiran, baik karena pekerjaan kantor dan urusan asmara😛 Karena, sama” belum terima “uang jajan”, maka diputuskan menggunakan “kartu gesek ajaib” (baca : kartu yang bisa bikin (mungkin) bagi orang indonesia bangga terus berhutang😛 ) yang bisa kita gunakan untuk fasilitas Buy 1 get 1 Free. So pilihan kita di Starbucks, SuToS. Kenapa juga mesti di SuToS? Karena, Inggit juga memantau pasar, biasa urusan pekerjaan🙂 Memang belum banyak gerai dan outlet yang buka, karena memang tergolong baru. Tapi malam itu, cukup ramai.

Ternyata, SuToS, hanya terdiri dari 2 lantai (sampai saat ini). Dimana lantai 1 adalah letak FoodMart, yaitu pasar swalayan untuk kebutuhan sehari-hari. Melihat dari namanya, sebelumnya saya berpikir ini adalah swalayan yang hanya menjual makanan dan hal-hal yang berhubungan dengan makanan atau minuman. Ternyata, tidak😛 FoodMart juga menjual benda-benda lain yang tentunya tidak bisa dimakan😛 , seperti perlengkapan mandi, dll. Yang saya lihat dari SuToS adalah konsepnya yang menurut saya agak sedikit beda dengan mall-mall yang sudah ada di Surabaya. Di bagian bawah, lantainya, terdapat lampu-lampu kecil warna biru, yang letak lampunya juga tidak terlalu banyak. Seingat saya pula, penempatan lampu ini juga hanya di lantai 1 saja. di lantai 1 ini pula, terdapat arena bermain anak-anak. Rencananya juga, salah satu gerai Coffee dan Donuts yang juga digemari disini, JCo akan hadir. Salah satu yang cukup diminati pengunjung SuToS malam itu adalah arena bermain ini. Malah anak-anak bisa mencoba alat “bergelantung” yang seingat saya, biasanya cuma ada di tempat-tempat outdoor, untuk kegiatan outbond. Saya lihat saat itu, salah satu anak sedang mencobanya, dengan menggunakan sabuk pengaman, dan dibantu petugas yang ada. Wajah anak tersebut terlihat exciting (ada yang tau padanan kata ini, dalam bahasa indonesia yang tepat? let me know yah…🙂 ) dan gembira. Sedang orang tuanya yang menunggunya, terlihat sibuk mengabadikan momen tersebut. Selain itu, juga terdapat panggung, yang menurut banner yang dipasang, setiap Jumat malam akan ada musik Jazz (seru nech!🙂 -meski baru belajar dengerin smoothy jzz😛 ). Selain JCo, yang telah buka Coffee Shop lainnya adalah Black Canyon.

Sedangkan di lantai 2, yang sudah buka baru Starbucks, Penang Village. Jadi akhirnya kita masuk ke Starbuck dan memesan Java Chip bla..bla.. dan bla…Machiato (lupa namanya😛 ), seperti di gambar berikut :

Starbucks Menu
Starbucks Menu

Selain menu yang kita pesan tadi, kita juga mendapat Free Tester, agak surprise juga, karena selama “berkopi-ria” di Starbucks, baru kali ini berkesempatan dapat Free Tester. Setelah bertanya kepada Barista yang melayani kami, ternyata Free Tester diberikan jika ada outlet yang baru dibuka dan beberapa waktu tertentu sebagai bentuk penyegaran dan menggaet pelanggan-pelanggan baru. Selain dapat Free Tester, kami juga dapat 2 buah kipas gratis. Lumayan untuk harga + Rp. 39.000 untuk 2 gelas kopi, Tester dan Souvenir🙂

Free Tester


Free Souvenir

Free Tester dan Souvenir

Saya mendapat bocoran dari Marketing SuToS melalui Inggit, rencananya di SuToS akan ada gerai-gerai Coffee Shop yang telah mempunyai nama dan cukup disukai di Jakarta. Antara lain : Tator, Bengawan Solo (Salah satu favorit saya, setelah mencobanya pertama kali di Jakarta🙂 ), mungkin juga Coffee Bean dan Excelso. Kalau rumor ini benar, maka SuToS akan menjadi tempat yang asyik buat penggemar kopi🙂

Tidak ketinggalan pula, terdapat bioskop yaitu XXI yang masih bagian dari 21 Cineplex. Ini adalah bioskop XXI pertama di Surabaya. Dari desain yang ada di bioskop ini, termasuk lebih ekslusif jika dibandingkan bioskop 21 biasanya yang ada di Surabaya. Terdapat 6 studio yang disediakan (biasanya, setahu saya maksimal cuma 5 studio di bioskop 21 lain), dengan gagang pintu layaknya tempat meeting hotel-hotel berbintang. Dan petugas penjaganya pun sebagian besar laki-laki, beda dengan bioskop 21 biasanya, yang lebih banyak dijaga oleh petugas kaum hawa. Selain itu, disini juga ada mini cafe, di depan tempat penjualan makanan kecil dan minuman, sehingga menunggu jauh lebih nyaman dan menguntungkan (baik pengunjung dan pemilik usaha😛 ). Hanya tidak disediakan tempat bermain games dan tempat duduk lainnya selain di mini cafe tadi. Pengunjung bioskop juga dimanjakan dengan hamparan karpet begitu masuk ke lingkungan bioskop XXI ini, serta kamar mandi yang cukup bersih, wangi dan ekslusif untuk ukuran bioskop. Menurut saya, kemewahan kamar mandi ini mirip kamar mandi yang biasanya ada di Sogo (baca : Mall Elite-kata teman” saya demikian😛 ).

Memang, SuToS hanya 2 lantai saja (ini dari kabar yang saya terima dari Inggit juga saya lihat dari bentuk bangunannya😛 ), karena di sebelahnya dibangun hotel. Jadi menurut pemikiran saya, SuToS hanya “pelengkap” bagi pelanggan hotel tersebut.

Kesimpulan :
Dengan desain bergaya kastil dan konsep yang berbeda dari mall yang telah ada, Surabaya Town Square, telah memberikan kesegaran tersendiri semenjak Surabaya mulai dipenuhi dengan mall-mall yang banyak dibangun akhir-akhir ini. Serta dengan banyaknya Coffee Shop yang sementara hanya akan hadir di SuToS di Surabaya (jika rumor di atas benar adanya), maka kemungkinan besar, tempat ini akan salah satu acuan utama penikmat kopi di Surabaya.

nb : Saya memang sedang belajar menggunakan bahasa yang formal atau mendekati formal untuk tulisan saya yang bukan kategori non-journal, karena ingin menjadi jurnalis😛 (salah satu resolusi tahun ini, bisa menjadi wartawan (ingin memasuki dunia ini dan broadcast), mungkin freelance dulu😛 ). Jadi, kalau ada yang kurang-kurang dalam proses pembelajaran ini, mohon dikoreksi🙂 Serta, mungkin ada yang ingin memberikan kesempatan saya menjadi Freelance Reporter/Journalist atau semacamnya, saya mau sekali😀

23 Comments »

  1. Mbah Sangkil said,

    kapan nih saya diajak ke SuTos? *ngarep*

    bisa buat kopdar gak yah? jgn deh berat di ongkos huauahuhauhuahuahua

  2. Rere said,

    @Mbah Sangkil : boleh nih. kapan” kita kopdar di SuToS🙂 Masa jauh sih? enggak juga, Jl. Adityawarman, kan enggak jauh” banget😛

  3. Helman said,

    Gaya bahasanya udah enak kok dibaca. Salam!

  4. Supermoto said,

    Cerita Joy Invasion mana?

  5. NoN said,

    kipasnya buat aku ajah…
    =D

  6. Rere said,

    @ Helman : makasih, mas.tapi kata temenq,inggit, membosankan😛

    @ Supermoto : apa itu joy invasion? *mikir bin confused*

    @ NoN : cuma githu aja ta?komen tentang cara penulisan dunk,kamu kan lebih expert🙂 iya,besok aq kasi kipasnya. kalau perlu aq kasih nama, dhe’, biar ga ilang,huehehe😛

  7. erdhie said,

    kayakna ada yg perlu di up date tuw..
    di XXI ada t4 bwat nge game na kog..
    n toilet na better than SOGO..much more exclusive ..
    btw..
    suka jalan keluar kota ga..

  8. Rere said,

    @ erdhie : iyah, ternyata ada tempat game nya, cuma agak ke dalam, jadi mungkin aku kurang perhatikan. makasih atas koreksinya🙂

  9. Supermoto said,

    Next ……the dream open s teh at Sutos

  10. HeXacTa said,

    sutos i’m coming.. will be working there for a week😦

    sutos tuh dimananya lapangan kodam sih? ada yg tau? maklum ga pernah ke sby jd buta jln2 di sana.. TIA..

  11. Rere said,

    @ Supermoto : Kapan bukanya? Dia sebelah mana outletnya? Berapa tuh sewanya?

    @ XeXacTa aka Tia : Emang kamu orang mana Tia? Welcome to Surabaya, then🙂 Setauku, Sutos kalau dari arah RS. RKZ, kamu lurus ajah, itu dah Jl. Adityawarman. Kalo kamu terus lurus, ntar kan tembusnya Kodam Brawijaya. Ato kalo bingung, sampe daerah kodam atop RS. RKZ, kamu tanya orang disitu…🙂

  12. Reth said,

    Sutos itu dimana toh?
    Kok kemaren waktu aku pulang Sby ndak nemu ini Sutos, dan ndak pernah denger juga *selentingan dari anggota kluarga kalo ada mall baru….biasanya*

  13. Rere said,

    @ Reth : Emang geaung SuToS belum begitu rame. Lagipula ini bukan mall kayak biasanya yang emang luas banget dan bertingkat”🙂 ini juga cuma 2 lantai. Kayaknya juga masih soft launching, jadi belum begitu rame, karena itu belum banyak yang buka😛 Ntar kalo kamu balik ke Surabaya, coba deh kamu kesana🙂 Ancer”nya, lewat jalan kutai, seperti jalur kalau kamu ke mayjend. Ntar di Palapa (tau kan, Reth?), kamu lurus, jangan belok kanan. Ntar 500 meter, di sebelah kanan jalan, ada SuToS. Kalo kamu lurus, ntar ke arah Kodam Brawijaya, non.

    nb : kok gak kabar”i kalo dah balik? kapan” kabari ya.. sapa tau bisa ketemuan, hehehehe😛

  14. Reth said,

    Heh? Ujungnya Mayjen gitu maksut’e ya Re?
    Oww..tak tau lah aku, ya ntar pas pulang aku coba cari lagi..

    Btw,
    iya maren pulang buat Imlekan tok, abis itu ya balik maning, nyangkul jakarta hehehe😀
    Tar, aku pulang kukasi tau dirimu, otre

  15. Rere said,

    @ Reth : ujungnya mayjend? jadi aku yang bingung😛 pokoknya arah kamu mau ke kodam deh😛

  16. mayday_mayday said,

    hallo lam kenal suka kopi ya kalo aku minum kopi kepalaku langsung pusing so biasae kalo nongkrong aku minum yang gak ada aroma ato bahan kopinya
    yang ada susu ma creamnya itu baru oke..

  17. Rere said,

    @ mayday_mayday : Lam kenal juga🙂 Favoritku juga yang campuran kopinya middle gitu kok🙂

  18. ian said,

    aloooo mbak
    kayanya asik diajak ngobrol nie
    apalagi hang out ke sutos he2x…
    lam kenal

  19. egha said,

    gw mnta email nya grafity store yg ad d sutos dunx..
    bsa e-buy g??

  20. Kira2 apakah ada tempat di Sutos yang makan 1 menu dan minum berharga max Rp 25 ribu?

  21. Retta Oktaviani said,

    Tau alamat lengkapnya SUTOS nggak? aku lagi nulis salah satu restonya…buat majalahku…tapi kurang jelas sama alamatnya.. PR nya ditanya agak susah yah… Thanks….

  22. nanang said,

    sekarang aku kenal sutos itu apa…..makeasih

  23. AIK SAID, said,

    Q PUAS NONTON DI XXI SUTOS.PELAYANAN NYA BOOK GILA BAGAIKAN HOTEL DI BALI GTOOO…
    TPI Q PENGEN KERJA SEBAGAI TIKET SALES DSANA… KARENA RATA2 CANTIK BENER YANG JAGA KYAK MODEL COVER MAJALAH YOOOOO


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: